Pengertian Alumunium Composite Dan Detailnya

huruf timbul tangerang, neon box tangerang

Pengertian Alumunium Composite

Konstruksi adalah sebuah aktifitas membangun sarana serta prasarana. Pada sebuah bidang teknik sipil atau arsitektur, konstruksi juga lebih popular dengan bangunan yakni satuan infrastruktur pada sebuah maupun beberapa area.

Jika didefinisikan, konstruksi merupakan sebuah objek keseluruhan bangunan yang terdiri atas beberapa bagian yang struktur. Contohnya,  Konstruksi Struktur Bangunan merupakan bangun atau bentuk secara menyeluruh dari sebuah struktur bangunan.

Pada dunia arsitektur dan sipil, pembangunannya saat ini telah mengalami kemajuan. Pada pembangunan sebuah gedung atau bangunan. Salah satu bahan penting dalam proses pembangunan adalah alumunium composite.

Alumunium composite biasanya juga disebut secara lengkap dengan Alumunium Composite Panel (ACP) merupakan material kombinasi antara bahan composite dan plat aluminium. Aluminium Composite Panel yang bisa digambarkan untuk panel datar adalah yang terdiri atas inti dengan bahan non-aluminium yang dijadikan satu antara aluminium yang berjumlah 2 lembar. Lembar aluminium tersebut bisa dilapisi dengan cat Polyester atau PVDF.

Alumunium composite ini merupakan struktur bahan bangunan yang dalam komposisisnya memiliki perpaduan antara dua lapis luar yang memiliki alumunium plat yang dibubuhi warna powder coating.

Kemudian diantara 2 plat bagian dalam plat alumunium tersebut diciptakan dari bahan Low Density Polyethylene. Aluminium composite panel ini umumnya dibuat dengan ukuran standar 1220 x 2440 mm dan ketebalan sekitar 4 mm.

Jika anda ingin memilih jenis alumunium composite, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang jenis Alumunium composite yang akan dipilih. Jenis alumunium composite menurut lapisan catnya terdiri dari 2 macam, yaitu jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang umumnya dipakai di eksterior atau untuk mempercantik pada luar ruangan dan jenis Polyester (PE) yang umumnya banyak dipakai untuk interior.

Jenis alumunium composite poly vinyl de flouride ini merupakan pilhan yang paling banyak dicari karena jenis ini tahan segala jenis cuaca,sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis Polyester.

Alumunium Composite panel memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dan berbagai macam cuaca, oleh karna itu Alumunium Composite panel banyak digunakan sebagai panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik di indoor maupun outdoor, selain untuk aplikasi dinding Alumunium Composite Panel juga dapat di gunakan dalam berbagai macam aplikasi salah satunya sebagai perangkat interior dan exterior.

Pada bahan aluminium Composite terdiri dari berbagai macam warna sesuai dengan permintaan, ketebalan alumunium composite panel umumnya 4 mm. Pengunaan luminium composite panel pada sebuah pembangunan gedung akan membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah.

Dalam sebuah penggunaan alumunium composite biasanya digunakan untuk pembuatan interior dan exterior bangunan baru atau lama atau pada bangunan lain yang ingin diperbaiki kembali. Alumunium composite bisa digunakan pada hampir semua bangunan seperti rumah sakit, sekolah hingga pada bangunan SPBU.

Penggunaan alumunium composite biasanya dipakai dan dipilih karena memiliki berbagai keunggulan sehingga lebih banyak diminati dalam proses pembuatannya. Keunggulan pembangunan dengan bahan alumunium composite adalah karena memiliki bobot lebih ringan namun tahan karat memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan tentunya dengan ongkos perakitan yang lebih miring.

Biaya perakitan yang lebih murah dikarenakan jumlah komponen perakitannya berkurang serta tidak menggunakan baut- paut penyambung dalam proses pembangunannya. Selain itu keunggulan dari alumunium composite ini dikarenakan memiliki sifat dasar yang kaku dank eras namun memiliki berat yang ringan.

Pelapisan bahan aluminium pomposite bisa diwarnai menggunakan berbagai jenis warna. Aluminium composite panel digunakan dengan atau tidak dengan warna metalik secara luas, juga bisa menggunakan pola warna imitasi menggunakan material lain misalnya marmer dan kayu.

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *